3 Manfaat Dahsyat Ikan Nila untuk Tumbuh Kembang Anak

SariAgri - Ikan nila adalah salah satu jenis ikan air tawar yang mengandung banyak nutrisi. Selain digemari, ikan nila juga banyak dibudidayakan oleh masyarakat karena mudah diolah menjadi bermacam hidangan lezat.
Melansir dari Healthline, ikan nila adalah 'gudang' nutrisi dengan kandungan vitamin B3, vitamin B12, selenium, kalium juga fosfor.
Meskipun kandungan omega-3 ikan nila tidak setinggi pada ikan salmon, namun omega-3 didalamnya lebih tinggi dari daging sapi atau daging ayam. Omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru dan darah serta memaksimalkan kerja selaput dalam sel tubuh.
American Heart Association menyarankan kita mengonsumsi ikan dua kali dalam satu minggu untuk meminimalkan risiko penyakit jantung.
Berita Perikanan
Dengan kandungan zat gizi lainnya, ikan nila menjadi asupan bernutrisi yang kaya manfaat bagi kesehatan, terutama dalam meningkatkan pertumbuhan si buah hati. Rasa dagingnya yang lezat, para ibu dapat mengolah ikan nila menjadi masakan yang disukai si kecil.
Berikut ini 3 manfaat dahsyat ikan nila untuk kesehatan anak.
Sebagai sumber protein
Dalam masa tumbuh kembang anak, kebutuhan terhadap 9 jenis asam amino esensial (9AAE) menjadi sangat krusial. Semua 9AAE tersebut akan berperan dalam berbagai aspek kesehatan tubuh.
Mulai dari membentuk antibodi, menjadi sumber energi, membantu memaksimalkan fungsi otak, mengoptimalkan sistem saraf, mendistribusikan zat gizi yang dibutuhkan, hingga membangun serta menjaga jaringan tubuh.
9AAE merupakan pecahan protein yang terdapat dalam ikan nila. Asam amino esensial tersebut terdiri dari histidin, lisin, treonin, metionin, fenilalanin, triptofan, valin, isoleusin dan leusin. Kekurangan satu asam amino esensial dapat menyebabkan tubuh tidak dapat berfungsi secara optimal dan menghambat tumbuh kembang anak.
Memelihara kekebalan tubuh
Di masa pandemi, sangat penting untuk setiap individu menjaga sistem imunitas tubuh. Nah, ikan nila menjadi sumber protein hewani yang bisa membantu memelihara sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa menghindarkan anak dari infeksi akibat virus maupun bakteri. Selain protein, selenium yang terdapat dalam ikan nila juga dapat memaksimalkan fungsi kognitif si buah hati.
Berita Perikanan
Menjaga kekuatan tulang
Ikan nila diketahui mengandung kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan otot dan kekuatan tulang. Memenuhi kebutuhan kalsium pada anak, dapat menghindarkannya dari risiko tulang keropos (osteoporosis) di masa depannya. Sangat penting membiasakan anak mengonsumsi ikan nila sejak dini untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya.

They posted on the same topic

Trackback URL : https://piewhorl3.bravejournal.net/trackback/5457002

This post's comments feed