Selain Kaya Protein, Ini Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Ikan Patin

SariAgri - Ikan patin adalah salah satu jenis ikan tawar yang banyak di budidaya. Ikan yang memiliki nama ilmiah Pangasius sp ini, juga masih merupakan satu spesies dengan ikan lele.

Tekstur dagingnya yang lembut, ringan dan harganya yang terjangkau membuat ikan patin banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Rasanya pun terbilang tidak hambar dan bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat.

Tak hanya nikmat, ikan patin juga mengandung nutrisi penting yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja nutrisi tersebut, berikut penjelasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Protein

Kandungan protein pada ikan patin terbilang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Untuk kandungan lemaknya sendiri juga tergolong rendah, bahkan lebih rendah dibanding daging ayam dan sapi. Perikanan Indonesia sendiri memainkan peran penting bagi pertumbuhan sel-sel dalam tubuh dan menjaga tubuh untuk tetap sehat.

2. Asam amino esensial

Selain protein, ikan patin juga mengandung asam amino esensial. Asam amino esensial merupakan asam amino yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari sumber makanan atau minuman.

Daging ikan patin diketahui mengandung lisin dalam jumlah banyak. Lisin adalah asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan dasar antibodi, memperlancar sistem sirkulasi dan mempertahankan pertumbuhan sel-sel normal.

Selain itu, ikan patin juga mengandung asam amino esensial lainnya yaitu arginine. Kandungan ini penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan kemampuan untuk mencegah kanker dan menghambat pertumbuhan tumor.

3. Omega-3

Nutrisi penting lainnya adalah omega 3. Omega-3 yang terkandung lebih didominasi oleh DHA, sedangkan kandungan EPA di dalamnya cukup kecil, yaitu kurang dari 1 persen. Omega-3 ini memiliki fungsi penting untuk kesehatan tubuh, terutama untuk ibu hamil dan anak-anak.

4. Rendah kolesterol

Kandungan kolesterol pada ikan patin juga tergolong rendah, yakni hanya 21-30 mg untuk setiap 100 gram. Bagi penderita kolesterol tinggi yang ingin menurunkan kadar kolesterol, bisa dengan mengonsumsi ikan patin.

They posted on the same topic

Trackback URL : https://piewhorl3.bravejournal.net/trackback/5458063

This post's comments feed